Jumat, 10 Mei 2013

Jembatan lengkung pertama di Indonesia dan ketiga di dunia. Jembatan kuning Palu (Sulteng)

Pertama kali datang ke pulau Sulawesi, tepatnya di kota Palu, setelah sebelumnya sudah sering mampir ke pulau di sebelahnya, yaitu Kalimantan. Pertama kali, yang ada di bayangan cuman sebuah kota terpencil dengan pemandangan gunung dan sawah biasa.
Ternyata saya keliru !!
Pemandangan alam di kota Palu ini sangat bagus, bahkan apabila dibandingkan dengan pemandangan di luar negeri. Cuman sayangnya seperti pemandangan alam di lokasi lain di Indonesia, dimana banyak pemandangan alam lain yang bagus-bagus, tetapi masih kurang dimanfaatkan sebagai obyek wisata oleh pemerintah setempat.
Apa saja yang ada di kota Palu ?
Selain ikan bakar yang memang sudah terkenal di kota-kota di pulau Sulawesi ini, seperti misalnya Makasar, anda dapat juga menikmati pemandangan pantai yang menuju ke arah laut lepas. Kota Palu sendiri letaknya di sebuah teluk yang mengarah ke laut, sehingga terdapat perpaduan pemandangan pantai dan gunung, seperti halnya kota-kota di Italia. Pada malam hari, kita dapat menikmati pisang / kentang goreng sambil duduk-duduk di pinggir pantai.



Salah satu yang terkenal dari kota Palu ini, yaitu Jembatan Kuning Palu yang baru diresmikan oleh Presiden SBY pada tahun 2006. Jembatan ini membentang di atas Teluk Talise ini berada di kelurahan Besusu dan Lere, yang menghubungkan kecamatan Palu Timur dan Palu Barat. Jembatan kuning ini merupakan jembatan lengkung pertama di Indonesia dan ketiga di dunia setelah Jepang dan Perancis.


1 komentar: